PROGRAM MAGANG MAHASISWA BADAN PERTANAHAN NASIONAL Di KAB/KOTA PROVINSI JAWA TIMUR BERNILAI KKN

 

INFORMASI MAGANG BERNILAI KKN

UNIVERSITAS DR. SOETOMO

 

 LATAR BELAKANG

Mahasiswa sebagai generasi yang berada pada masa produktif dituntut untuk memiliki berbagai keterampilan sebagai bekal menuju ketatnya kompetisi dunia kerja. Hal itu menjadi perhatian Universitas Dr. Soetomo bekerjasama dengan Badan pertanahan Nasional (BPN) menggagas program yang dapat mengasah keterampilan mahasiswa melalui program magang di BPN yang diakui sebagai nilai KKN. Program magang tersebut dalam rangka menyukseskan program “Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL)” Kanwil Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Jawa Timur.

Program “Pendaftaran Tanah Sistem Lengkap (PTSL)” Kanwil Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Jawa Timur merupakan program sertifikasi tanah yang dilaksanakan di berbagai daerah di Jawa Timur dengan tujuan agar masyarakat yang memiliki tanah bisa lebih mudah dalam mengurus kelengkapan administrasi yang dibutuhkan.

Program magang ini dilaksanakan di 12 kabupaten/kota  Jawa Timur, terdiri atas, (1) Lamongan; (2) Mojokerto; (3) Magetan; (4) Malang; (5) Tulungagung; (6) Trenggalek; (7) Pamekasan; (8) Sampang; (9) Bangkalan; (10) Sumenep; (11) Blitar; (12) Tuban dan Terbatas Hanya Untuk 80 Peserta.

Universitas Dr. Soetomo membuka kesempatan magang melalui Lembaga Pusat Karir dan Tracer Study (PKTS) Universitas Dr. Soetomo agar mahasiswa dapat memanfaatkan kesempatan baik ini untuk mengasah keterampilan diri dan membuka kesempatan kerja.

 

TEKNIS PELAKSANAAN

Program Magang dilaksanakan selama satu bulan (Agustus 2019) dengan lokasi yang tersebar pada 12 kabupaten/kota provinsi Jawa Timur. Program kerja yang dilakukan oleh peserta magang adalah membantu BPN dalam program PTSL dengan mengumpulkan data yuridis penduduk yang akan melakukan sertifikasi tanah sesuai lokasi magang. Proses pengumpulan data yuridis yang dilakukan peserta magang akan  didampingi oleh tenaga ahli dari BPN.

  

KEUTAMAAN PROGRAM

Program magang ini memiliki keutamaan yang akan diperoleh oleh mahasiswa peserta magang, antara lain;

  1. Memiliki nilai KKN bagi mahasiswa yang belum memprogram KKN
  2. Menghemat biaya KKN.
  3. Mengasah dan meningkatkan keterampilan diri menuju dunia kerja.
  4. Membangun dan menambah relasi.
  5. Menambah pengalaman kerja.
  6. Memiliki kesempatan untuk berkarir

 

FASILITAS

Program magang bernilai KKN yang dilaksanakan oleh Lembaga Pusat Karir dan Tracer Study (PKTS) Universitas Dr. Soetomo bersama Badan Pertanahan Nasional (BPN) memiliki fasilitas yang akan menekan pembiayaan yang dikeluarkan oleh mahasiswa karena secara garis besar kebutuhan sehari-hari sudah dipenuhi. Berikut fasilitas yang diperoleh oleh mahasiswa dalam program magang ini;

  1. Transportasi antar jemput (Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Jawa Timur-lokasi magang).
  2. Konsumsi selama program magang.
  3. Penginapan selama program magang.
  4. Atribut (Jaket).
  5. Sertifikat

 

PERSYARATAN

  1. Mahasiswa / Mahasiswi Minimal Semester 4
  2. Sehat jasmani dan rohani
  3. Terampil mengendarai sepeda motor
  4. Bersedia ditempatkan di 12 Kabupaten/Kota Jatim
  5. Fotokopi KTM/KTP (2 Lembar)
  6. Pas Foto 3x4 (2 Lembar)
  7. Fotokopi Bukti Pembayaran Magang (2 Lembar)
  8. Transkrip Nilai (2 Lembar)

  

PROSES PENDAFTARAN

Pendaftaran program magang melalui online dan offline. Berikut alur pendaftarannya;

  1. Daftar online di http://bit.ly/FormulirMagangBPN
  2. Print berkas pendaftaran
  3. Lengkapi persyaratan
  4. Membayar biaya magang Ke PKTS
  5. Seluruh berkas (Bukti daftar online dan berkas persyaratan) dikumpulkan ke Kantor Lembaga Pusat Karir dan Tracer Study  (PKTS) Universitas Dr. Soetomo di Gedung A Universitas Dr. Soetomo.

"