Profil

ABOUT

Pusat karir di Universitas Dr Soetomo bernama Pusat Karir dan Tracer Study (PKTS). PKTS didirikan sebagai bentuk komitmen Universitas Dr. Soetomo dalam meningkatkan pola managemen pelacakan alumni secara integratif. Selama ini pola pelacakan alumni masih terparsialkan di masing-masing fakultas/prodi. Untuk mendapatkan data yang integratif maka Rektor membentuk Pusat Karir dan Tracer Study melalui Surat Keputusan Rektor No: OU.540/C.1.05/XII/2015 tanggal 21 Desember 2015. Pusat ini berada di bawah Kordinasi Wakil Rektor III bagian kemahasiswaan terdiri dari satu ketua yang dibantu oleh seorang sekretaris dan membawahi dua ketua bidang yaitu bidang pengembangan karir dan bidang tracer study. Tugas dari Pusat karir dan Tracer Study adalah untuk: 1) Memberikan bekal kepada mahasiswa dan lulusan Universitas Dr. Soetomo Surabaya dalam menghadapi realitas sosial di masyarakat, 2) Melakukan pengkajian penelusuran/pelacakan alumni, 3) Mengembangkan jaringan informasi kerja, 4) Menyelenggarakan bursa kerja dan, 5) Berkoordinasi dengan stakeholder baik di dalam maupun di luar Universitas Dr. Soetomo Surabaya. Dampak yang diharapkan terhadap keberadaan Perguruan Tinggi adalah dapat memberikan informasi terkait dengan pengembangan karir lulusan, diperoleh data yang mampu memenuhi kebutuhan informasi para stake-holders (Dikti, BAN PT, Universitas, Prodi, Pengguna Lulusan dan Alumni) dan memberikan feedback terkait dengan kesesuaian kurikulum dengan kebutuhan dunia kerja.

            Kebutuhan terhadap data tracer study sangat diperlukan oleh Universitas Dr. Soetomo. Sebagai perguruan tinggi yang terus berkembang, Universitas Dr. Soetomo terus berbenah diri mengevaluasi kebutuhan dunia kerja dengan mempersiapkan kurikulum dan standart kompetensi lulusan yang sesuai dan dibutuhkan oleh dunia kerja. Untuk itulah, dibutuhkan data tracer yang sangat penting peranannya untuk melihat korelasi jumlah lulusan dengan banyaknya lulusan yang terserap dunia kerja, mengetahui proses dan posisi lulusan  dalam dunia kerja. Masukan data dapat digunakan dalam menyiapkan lulusan sesuai dengan kompetensi yang diperlukan di dunia kerja. Selain itu lebih jauh, data tracer dapat membantu program pemerintah dalam rangka memetakan dan menyelaraskan kebutuhan dunia kerja dengan kompetensi yang diperoleh dari perguruan tinggi, untuk berbagai evaluasi hasil pendidikan tinggi, penyempurnaan dan penjaminan kualitas lembaga pendidikan tinggi, informasi bagi para pemangku kepentingan (stakeholders).

Berdasarkan hasil tracer study, telah dan  akan dilakukan tindak lanjut yang ditujukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan, antara lain:

  1. Penyusunan kurikulum mata kuliah Kewirausahaan dan Koperasi, sebagai wujud pertautan antara kebutuhan dunia kerja akan tenaga yang terdidik yang berjiwa wirausaha dengan implementasi nilai-nilai Universitas
  2. Peningkatan kegiatan berbahasa Inggris, baik dalam forum pengajaran maupun kegiatan-kegiatan informal/nonformal lainnya.
  3. Peningkatan kemampuan penggunaan teknologi informasi.
  4. Pembaharuan system penilaian poin kegiatan kemahasiswaan yang dikaitkan dengan penguasaan softskills.

"