Menyongsong Dunia Kerja

Bekerja…

Hampir semua orang yang sudah menginjak dewasa menginginkan untuk bekerja. Namun, terdapat sekian puluh, ratus, ribu, bahkan lebih pelamar kerja, sehingga calon tenaga kerja dihadapkan pada persaingan yang ketat. Dari suatu proses seleksi yang beragam, dengan persaingan yang ketat, hanya sebagian kecil yang terpilih, sebagian besar justru ditolak!!             

Terkadang kita merasa mampu bahkan yakin lolos seleksi, namun ternyata kita bukan yang terpilih. Apakah penyebabnya? Dimanakah letak kesalahan atau kekurangannya? Hal tersebut terjadi karena berbagai sebab, diantaranya karena kita salah memilih posisi, salah bersikap saat seleksi, ketidakmampuan untuk menunjukkan kelebihan diri, bahkan bisa jadi kesalahan administratif. Karenanya, penting bagi calon tenaga kerja untuk mengetahui potensi diri dan mengoptimalkannya.  Demikian pula, calon tenaga kerja perlu mengenal proses seleksi, dan kiat-kiat menghadapi proses seleksi sehingga dapat memperbesar peluangnya untuk diterima.          

Sejauh ini, dunia kerja diperebutkan oleh: fresh graduate, Pekerja yang tidak puas dengan pekerjaan sebelumnya, dan lain-lain (orang-orang yang sudah berpengalaman tetapi ingin mencoba).

Suatu kebanggaan bagi sebuah perguruan tinggi ketika mencetak calon lulusannya menjadi tenaga kerja yang berkualitas. Salah satu indikatornya adalah ketika almamaternya dapat menembus atau siap bersaing di dunia kerja atau bahkan menciptakan suatu lapangan pekerjaan.

Salah satu upaya yang dilakukan oleh Career Center Universitas Dr. Soetomo Surabaya sebagai perwujudan dalam rangka mencetak lulusannya menjadi tenaga kerja berkualitas adalah adanya program Persiapan Menyongsong Dunia Kerja yang diharapkan dapat membantu mahasiswa, terutama yang akan lulus dan baru saja lulus, untuk siap menembus dunia kerja maupun berwirausaha dengan mengenali dan mengoptimalkan potensi: Kecerdasan intelektual, Kecerdasan emosional, Sikap kerja, Jiwa Kepemimpinan, Mengatasi kecemasan menghadapi psikotes, Sikap tenang dan wajar ketika wawancara, Self presentation dalam wawancara, Negosiasi dan bargaining gaji, serta Public Speaking.

Sehingga potensi dan prestasi dari calon lulusan Universitas Dr. Soetomo Surabaya dapat diandalkan sesuai dengan bidang keilmuwan yang telah diperolehnya semasa kuliah sekaligus mumpuni dalam bidang pekerjaannya di masyarakat serta adanya pembekalan dalam hal soft skill kepada masing-masing lulusan [SAS, 2016].

"